Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Kode Studi Salah di Laman BioUN

Banyak rekan-rekan Operator Madrasah yang mengeluh kebingungan ketika mengupload FILE EZ ke laman Aplikasi BioUN. Hal ini disebabkan karena sering munculnya peringatan Kode Studi Salah yang tertulis jelas dengan warna merah. Nah, apa sebenarnya penyebab munculnya peringatan tersebut?


Sebenarnya permasalahan Kode Studi Salah merupakan hal kecil yang mungkin disebabkan oleh keteledoran atau ketidaktelitian atau bisa saja karena kelupaan Operator dalam mengisi data di Aplikasi EMIS Online. Atau boleh jadi karena pemahaman sang Operator itu sendiri yang mengira data tersebut sangat tidak penting untuk diisi karena dianggap tidak berpengaruh pada hasil yang akan diperolehnya nanti. Padahal setiap data yang diisi di dalam aplikasi tersebut mempunyai keterkaitan antara satu dengan yang lainnya.

Oke, saya tidak akan berteori panjang lebar. Saya tahu, rekan-rekan yang mengalami hal tersebut sudah tidak sabar untuk mendapatkan solusinya. Mari ikuti penjelasan berikut. Saya akan menjelaskannya secara ringkas agar teman-teman Operator lebih mudah memahami dan mengikuti.
  1. Sebagai langkah pertama, buka kembali laman Aplikasi EMIS Online di alamat : http://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah/
  2. Pilih menu KESISWAAN.
  3. Pilih CAPESUN.
  4. Centang nama-nama siswa yang Salah Kode Studi tadi. (Perlu diingat, centangnya harus 1 rombel. Misalnya yang salah hanya 1 orang siswa, yang bersangkutan merupakan siswa dalam rombel XII IPA 1. Maka rekan-rekan harus mencentang seluruh siswa dalam rombel XII IPA 1 tersebut).
  5. Setelah itu klik BATAL SISWA TERPILIH DI CAPESUN.
  6. Pilih YA dan OKE.
Nah, sekarang siswa-siswa yang dicentang tadi sudah kembali ke sebelah kiri, tepatnya ke DAFTAR SISWA KELAS AKHIR. Langkah selanjutnya adalah :
  1. Pilih menu KELEMBAGAAN.
  2. Pilih SISWA.
  3. Pilih DATA ROMBONGAN BELAJAR.
Kemudian silakan rekan-rekan cek kembali data yang tertinggal atau keliru dalam pengisian sebelumnya, baik data yang berada di posisi KELAS, JURUSAN, NAMA KELAS/WALI KELAS, KURIKULUM dan JUMLAH SISWA. Namun kebiasaannya, kesalahan jenis itu terletak pada bagian JURUSAN. Silakan rekan-rekan memperhatikannya dengan teliti.

Jika kesalahan sudah ditemukan, rekan-rekan dapat segera mengeditnya pada kotak kecil segi empat berwarna KUNING yang tersedia di sebelah kanan. Jangan yang warna MERAH karena itu akan membuat datanya terhapus. Setelah itu klik SIMPAN dan OKEJangan lupa mengecek kembali untuk memastikan bahwa data yang disimpan tadi sudah benar-benar tersimpan.

Jika data tersebut sudah benar-benar tersimpan, langkah selanjutnya adalah :
  1. Kembali ke menu KESISWAAN.
  2. Pilih CAPESUN.
  3. Centang semua siswa yang dibatalkan dari daftar CAPESUN tadi.
  4. Klik PILIH SISWA CAPESUN di bagian atas yang berwarna MERAH.
Jika proses pemindahan sudah selesai, cek seluruh data siswa untuk memastikan bahwa kesalahan telah diperbaiki dengan benar. Apabila semua data sudah benar, langkah terakhir adalah mendownload FILE EZ untuk diupload ke laman Aplikasi BioUN. Caranya dengan klik BIOUN FILE yang terletak di bagian atas berwarna HIJAU.

Setelah file tersebut berhasil terdownload, tugas terakhir rekan-rekan adalah menguploadnya ke laman Aplikasi BioUN.

Demikian cara mengatasi masalah Kode Studi Salah dari saya. Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan. Akhirnya kita berharap Operator Madrasah tetap tegar dalam menjalankan tugas. Bravo!

Post a Comment for "Cara Mengatasi Kode Studi Salah di Laman BioUN"