Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Perdana Operator Madrasah Saat Pertama Kali Login ke ARD Versi 2.0

Dirjen Pendis Kementerian Agama kembali meluncurkan Aplikasi Raport Madrasah (ARD) versi terbaru yang merupakan hasil pembaruan dari ARD sebelumnya. ARD yang dilabeli dengan sebutan ARD Versi 2.0 ini memiliki kegunaan dan fungsi yang sama dengan ARD sebelumnya, yakni untuk mencetak raport secara online. Namun yang membedakan keduanya adalah ARD semester genap kali ini sudah dibungkus sedemikian rupa dalam bentuk VDI, sedangkan ARD semester ganjil kemarin masih menggunakan sistem berbasis web dan offline.

Dari segi penggunaannya, ARD Versi 2.0 ini persis sama dengan aplikasi-aplikasi yang pernah diluncurkan Kemenag sebelumnya. Sebut saja aplikasi UAMBN-BK dan USBN-BK yang keduanya juga sudah terbungkus dalam bentuk VDI (Virtual Disk Image).

Untuk masuk ke dalam aplikasi ARD Versi 2.0 ini, anda harus memiliki aplikasi Oracle Virtualbox yang harus sudah terinstal terlebih dahulu ke perangkat komputer server. Dengan Oracle Virtualbox inilah nantinya VDI ARD Versi 2.0 dapat dijalankan.

Berikut beberapa panduan perdana yang harus dilakukan Operator Madrasah untuk masuk dan ketika sudah berada di dalam akun aplikasi ARD Versi 2.0 :

1. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih JENJANG MADRASAH sesuai dengan jenjang madrasah masing-masing. Tahap ini merupakan langkah awal sebelum masuk ke halaman selanjutnya.


2. Masukkan USERNAME dan PASSWORD yang sudah didapatkan melalui email masing-masing. Setelah itu tekan tombol MASUK.


3. Penampakan halaman BERANDA akun ARD.


4. Setelah berada di halaman beranda, klik gambar bulatan yang di dalamnya tertulis NO IMAGE yang terdapat di sudut kanan atas halaman.



Kemudian klik PROFIL untuk melakukan penambahan atau pengeditan data. Jangan lupa mengganti password bawaan dengan password baru. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga agar akun tetap bisa login bila sewaktu-waktu aplikasi mendadak maintenance. Jika pengeditan sudah selesai, klik SIMPAN.

5. Langkah selanjutnya, pilih menu SINKRON DATA. Lakukan update aplikasi dengan mengklik tombol UPDATE. Otomatis akun ARD anda akan berubah menjadi Versi 2.1.



6. Setelah selesai menekan tombol UPDATE, akan muncul tombol GENERATE FIELD. Klik tombol tersebut jika anda belum melakukan import guru. Namun jika import guru sudah berhasil dilakukan, anda tidak perlu lagi mengklik GENERATE FIELD.

7. Langkah selanjutnya, pilih menu KONFIGURASI. Disana akan muncul 3 sub menu yang perlu anda isi dengan segera. Klik sub menu itu satu persatu dan isi sesuai permintaan atau keadaan yang sedang berlaku saat ini.



Jika sudah selesai klik SIMPAN.

8. Kemudian pilih lagi menu SINKRON DATA. Dan klik seluruh tombol SINKRON mulai dari SINKRON PENGUMUMAN sampai SINKRON KKM MATA PELAJARAN seperti yang terlihat pada gambar berikut.



Demikian panduan singkat mengenai langkah-langkah perdana yang harus dilakukan Operator Madrasah sebelum melangkah lebih jauh dalam pengisian akun ARD Madrasah Versi terbaru ini. Akhirnya kita berharap, semua akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan mudah-mudahan aplikasi ini dapat meringankan pihak madrasah dalam menyelesaikan tugas-tugas, khususnya masalah pengisian raport. Sampai jumpa di tutorial berikutnya.

Post a Comment for "Panduan Perdana Operator Madrasah Saat Pertama Kali Login ke ARD Versi 2.0"