Panduan Perdana Operator Madrasah Saat Pertama Kali Login ke ARD Versi 2.0
Dirjen
Pendis Kementerian Agama kembali meluncurkan Aplikasi Raport Madrasah (ARD)
versi terbaru yang merupakan hasil pembaruan dari ARD sebelumnya. ARD yang
dilabeli dengan sebutan ARD Versi 2.0 ini memiliki kegunaan dan fungsi yang
sama dengan ARD sebelumnya, yakni untuk mencetak raport secara online. Namun
yang membedakan keduanya adalah ARD semester genap kali ini sudah dibungkus
sedemikian rupa dalam bentuk VDI, sedangkan ARD semester ganjil kemarin masih menggunakan
sistem berbasis web dan offline.
Dari
segi penggunaannya, ARD Versi 2.0 ini persis sama dengan aplikasi-aplikasi yang
pernah diluncurkan Kemenag sebelumnya. Sebut saja aplikasi UAMBN-BK dan USBN-BK
yang keduanya juga sudah terbungkus dalam bentuk VDI (Virtual Disk Image).
Untuk
masuk ke dalam aplikasi ARD Versi 2.0 ini, anda harus memiliki aplikasi Oracle
Virtualbox yang harus sudah terinstal terlebih dahulu ke perangkat komputer
server. Dengan Oracle Virtualbox inilah nantinya VDI ARD Versi 2.0 dapat
dijalankan.
Berikut
beberapa panduan perdana yang harus dilakukan Operator Madrasah untuk masuk dan
ketika sudah berada di dalam akun aplikasi ARD Versi 2.0 :
1. Hal
pertama yang perlu dilakukan adalah memilih JENJANG MADRASAH sesuai dengan
jenjang madrasah masing-masing. Tahap ini merupakan langkah awal sebelum masuk
ke halaman selanjutnya.
2. Masukkan
USERNAME dan PASSWORD yang sudah didapatkan melalui email masing-masing. Setelah
itu tekan tombol MASUK.
3. Penampakan
halaman BERANDA akun ARD.
4. Setelah
berada di halaman beranda, klik gambar bulatan yang di dalamnya tertulis NO
IMAGE yang terdapat di sudut kanan atas halaman.
Kemudian klik PROFIL untuk melakukan penambahan atau pengeditan data. Jangan lupa mengganti password bawaan dengan password baru. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga agar akun tetap bisa login bila sewaktu-waktu aplikasi mendadak maintenance. Jika pengeditan sudah selesai, klik SIMPAN.
Kemudian klik PROFIL untuk melakukan penambahan atau pengeditan data. Jangan lupa mengganti password bawaan dengan password baru. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga agar akun tetap bisa login bila sewaktu-waktu aplikasi mendadak maintenance. Jika pengeditan sudah selesai, klik SIMPAN.
5. Langkah
selanjutnya, pilih menu SINKRON DATA. Lakukan update aplikasi dengan mengklik
tombol UPDATE. Otomatis akun ARD anda akan berubah menjadi Versi 2.1.
6. Setelah
selesai menekan tombol UPDATE, akan muncul tombol GENERATE FIELD. Klik tombol
tersebut jika anda belum melakukan import guru. Namun jika import guru sudah
berhasil dilakukan, anda tidak perlu lagi mengklik GENERATE FIELD.
7. Langkah
selanjutnya, pilih menu KONFIGURASI. Disana akan muncul 3 sub menu yang perlu
anda isi dengan segera. Klik sub menu itu satu persatu dan isi sesuai
permintaan atau keadaan yang sedang berlaku saat ini.
Jika sudah selesai klik SIMPAN.
Jika sudah selesai klik SIMPAN.
8. Kemudian
pilih lagi menu SINKRON DATA. Dan klik seluruh tombol SINKRON mulai dari SINKRON
PENGUMUMAN sampai SINKRON KKM MATA PELAJARAN seperti yang terlihat pada gambar
berikut.
Demikian
panduan singkat mengenai langkah-langkah perdana yang harus dilakukan Operator
Madrasah sebelum melangkah lebih jauh dalam pengisian akun ARD Madrasah Versi
terbaru ini. Akhirnya kita berharap, semua akan berjalan sesuai dengan yang
diharapkan dan mudah-mudahan aplikasi ini dapat meringankan pihak madrasah
dalam menyelesaikan tugas-tugas, khususnya masalah pengisian raport. Sampai
jumpa di tutorial berikutnya.
Post a Comment for "Panduan Perdana Operator Madrasah Saat Pertama Kali Login ke ARD Versi 2.0"