Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengedit Siswa Naik Kelas, Lulus dan Siswa Baru di File Excel SIMPATIKA

Yang dimaksud dengan MENGEDIT SISWA di sini adalah mengaktifkan siswa yang sudah ada di SIMPATIKA pada semester sebelumnya. Pengeditan siswa disini meliputi : edit siswa naik kelas, edit siswa lulus, dan menambahkan siswa baru.

Setiap awal tahun pelajaran, data siswa di layanan SIMPATIKA akan kembali menjadi kosong. Namun bukan berarti data siswa tersebut telah hilang, sehingga Kepala Madrasah atau Operator harus mengisinya kembali dengan data baru. Karena sebenarnya data siswa tersebut masih ada dan tersimpan dalam menu DAFTAR SISWA BELUM AKTIF TAHUN AJARAN SEKARANG.

Oleh karena demikian, setiap awal tahun pelajaran, Kepala Madrasah atau Operator tidak perlu lagi membuat data siswa mulai dari awal. Cukup dengan menggunakan data dalam DAFTAR SISWA BELUM AKTIF TAHUN AJARAN SEKARANG yang dapat diunduh, diedit, dan diupload kembali menurut pembagian kelas masing-masing. Proses ini disebut juga dengan MENGAKTIFKAN SISWA TAHUN AJARAN SEBELUMNYA. Kecuali untuk siswa baru.

Nah! Setelah mengunduh file excel yang berisi nama-nama siswa tahun ajaran sebelumnya, anda diharuskan untuk mengedit data tersebut sesuai dengan kelasnya masing-masing. (Cara Unduh Lihat di : Cara Mudah Upload Siswa ke SIMPATIKA 2018-2019 Menggunakan Sistem Kolektif)

Ada beberapa hal yang harus anda lakukan untuk mengedit data siswa dalam file excel tersebut :
  • Menaikkan TINGKAT (Kelas) Siswa.
Untuk menaikkan TINGKAT (kelas) siswa, anda hanya perlu menaikkan 1 tingkat dari angka yang tercantum semula di file excel. Misalnya :

Untuk RA, jika sebelumnya kelas A menjadi B.
Untuk MI, jika sebelumnya kelas 1 menjadi 2. (Demikian seterusnya)
Untuk MTs, jika sebelumnya kelas 7 menjadi 8. (Demikian seterusnya)
Untuk MA, jika sebelumnya kelas 10 menjadi 11. (Demikian seterusnya)

Lihat contoh untuk MA pada gambar di bawah ini :

  • Meluluskan Siswa.
Untuk meluluskan siswa yang tahun sebelumnya telah berada di kelas B untuk RA, kelas 6 untuk MI, kelas 9 untuk MTs, dan kelas 12 untuk MA, caranya tidak jauh beda sebagaimana cara menaikkan TINGKAT (kelas) siswa tadi. Anda hanya perlu mengeditnya sebagaimana rincian berikut :

Untuk RA, jika sebelumnya kelas B menjadi 1.
Untuk MI, jika sebelumnya kelas 6 menjadi 7.
Untuk MTs, jika sebelumnya kelas 9 menjadi 10.
Untuk MA, jika sebelumnya kelas 12 menjadi 13.

Lihat contoh untuk MA pada gambar berikut :

  • Menambahkan Siswa Baru.
Untuk menambahkan siswa baru, anda dapat langsung menambahkan nama dan biodata siswa di file excel hasil unduhan tersebut. Isikan Nomor Urut, Nomor Induk, NISN, Nama Siswa, Kelamin, Tempat Lahir, Tanggal Lahir (format YYYY-MM-DD), Alamat, Tingkat (Kelas), dan Tahun Masuk.

Khusus untuk kolom KODE SISTEM, harap jangan diisi. Biarkan saja kolom tersebut kosong, karena hanya sistem yang akan mengisinya nanti.

Nah! Dengan cara demikian, proses pengeditan data siswa di file excel hasil unduhan SIMPATIKA telah selesai. Anda tinggal MENYIMPAN file tersebut di komputer dan menguploadnya ke sistem layanan SIMPATIKA.

(Baca Juga : Cara Setting Data Siswa Baru di Template Excel Agar Tidak Ditolak Oleh Sistem SIMPATIKA)

2 comments for "Cara Mengedit Siswa Naik Kelas, Lulus dan Siswa Baru di File Excel SIMPATIKA"

  1. Hehe jadi nambah wawasan saya yang lagi belajar menggunakan excel secara autodidact, terima kasih sobat " Happy Blogging "

    ReplyDelete