Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cepat Merubah NSM Madrasah di Aplikasi ARD Offline

Setelah aplikasi ARD Madrasah Offline diluncurkan, Operator diharuskan mendownload aplikasi tersebut melalui link khusus yang telah disediakan. Kemudian dilanjutkan dengan menginstallnya di Laptop atau Komputer masing-masing. Setelah langkah tersebut terlaksana, Operator diharuskan mengedit atau mengubah profil madrasah bawaan yang semula tertera atas nama madrasah dan NSM madrasah lain, menjadi nama madrasah dan NSM madrasah masing-masing.

Perubahan ini sangat penting, mengingat madrasah yang semula tidak mempunyai akun ARD sendiri terpaksa harus masuk aplikasi dengan menggunakan User dan Password madrasah lain sebagaimana yang telah ditentukan. Maka pada saat aplikasi offline terbuka, yang muncul adalah profil madrasah dan NSM pemilik User tersebut.

Nah! Berikut ini akan dijelaskan bagaimana sebenarnya cara cepat merubah NSM dan profil madrasah dari nama madrasah lain menjadi nama madrasah sendiri.
  1. Klik tanda SEGITIGA di sudut kanan atas halaman aplikasi. Tepatnya di depan nama madrasah bawaan.
  2. Kemudian klik PROFIL.
  3. Akan muncul 3 menu sekaligus : IDENTITAS, LOKASI dan KEPALA MADRASAH. Silakan diisi satu persatu.
  4. Setelah selesai, klik SIMPAN.
Sampai disini, para Operator dibuat agak sedikit risau. Permasalahannya adalah, karena para Operator tidak bisa merubah satu kotak isian di bawah menu IDENTITAS, yakni kotak isian NSM. Tapi jangan khawatir. Disinilah para Operator sekalian membutuhkan PATCHING 1. Bagi rekan-rekan Operator yang belum memilikinya, silakan mendownloadnya terlebih dahulu.

Setelah Patching 1 selesai didownload, silakan diekstrak, karena file tersebut hanya tersedia dalam bentuk RAR. Kemudian ambil foldernya sesuai dengan jenjang madrasah masing-masing dan copykan ke dalam folder “htdocs” yang terdapat di dalam berkas ARD yang tersimpan di Local Disk (C).

Ingat! Sebelum mempastekan copy-an folder tersebut ke dalam “htdocs,” pastikan aplikasi ARD Madrasah Offline rekan-rekan sudah berada dalam kondisi CLOSE semua (tertutup).

Setelah selesai, klik SIMPAN. Dan silakan buka kembali aplikasi ARD Madrasah Offlinenya. Jika pengcopyannya berjalan dengan baik, otomatis kolom isian NSM sudah bisa diedit dan diisi sesuai dengan nomor NSM madrasah masing-masing.

Demikian artikel singkat ini, semoga dapat bermanfaat hendaknya.

Post a Comment for "Cara Cepat Merubah NSM Madrasah di Aplikasi ARD Offline"