Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Mengisi Roster Kelas ke Dalam Aplikasi SIMPATIKA 2018-2019

Pada kesempatan kali ini, admin ingin berbagi pengalaman mengenai cara mengisi roster kelas mingguan ke dalam Aplikasi SIMPATIKA. Roster kelas mingguan atau disebut juga jadwal kelas mingguan merupakan pedoman tentang jadwal kegiatan belajar mengajar yang ada di setiap Madrasah. Selain yang sudah dibuat secara manual di masing-masing sekolah, kini roster kelas juga harus di upload secara online ke Aplikasi SIMPATIKA.

Bagi rekan-rekan Operator yang sudah berpengalaman dalam hal pengisian roster kelas, mungkin tidak perlu lagi ada semacam pedoman atau petunjuk sebagai tuntunan dalam melaksanakan tugas ini. Namun bagi Operator baru atau yang baru ditugaskan untuk membantu melaksanakan tugas pengisian tersebut, hal ini jelas membutuhkan pedoman. Untuk itulah tulisan ini dibuat, tentunya agar dapat menjadi pijakan atau pedoman bagi siapa saja yang membutuhkan.

Berikut sekelumit tips tentang cara mudah mengisi roster kelas ke dalam Aplikasi SIMPATIKA 2018-2019 :

Setelah anda login ke halaman akun SIMPATIKA, yang pertama anda lakukan adalah memilih Menu SEKOLAH. Lalu pilih JADWAL, dan pilih LIHAT JADWAL MINGGUAN.


Kemudian klik PILIH KELAS, dan anda akan disuguhi satu form yang berisi nama-nama kelas di Madrasah anda yang sudah terlebih dahulu anda daftarkan ke dalam Aplikasi SIMPATIKA 2018-2019. Nah, silakan anda pilih TINGKAT terlebih dahulu, kemudian pilih salah satu kelas yang ingin anda isi jadwal kelas atau roster kelasnya.


Setelah terbuka halaman baru, silakan anda Pilih PENGATURAN MODEL, yakni tombol gambar yang berbentuk gerigi di bagian sebelah kanan halaman. Nah, berdasarkan tampilan halaman baru tersebut, anda harus menentukan pilihan model jadwal. Jika anda masih ingin memakai model jadwal seperti model yang sudah pernah anda pakai sebelumnya, maka anda tinggal mengklik salah satu model yang tercantum di bawah tulisan PILIH MODEL JADWAL. Namun jika anda ingin membuat template model baru, maka otomatis anda harus mengklik BUAT MODEL BARU yang tersedia di bawah tulisan OPSI LAIN.


Nah, pada contoh di atas, penulis tetap memilih template model lama yang sudah pernah dipakai pada semester-semester sebelumnya. Sebagai contoh, disini pilihannya hanya dua, yaitu ROSTER PELAJARAN KURIKULUM 13 dan ROSTER SEMESTER 1 2018-2019. Pilih salah satunya. Setelah anda memilih salah satu dari dua model roster tersebut, anda akan dimintai KONFIRMASI tentang perubahan model jadwal. Pilih saja YA.


Dan sekarang anda sudah berhasil masuk ke halaman  template pengisian jadwal kelas 2018-2019. Anda tinggal mengklik kotak-kotak kecil segi empat yang tersedia di bawah nama-nama hari itu satu persatu.


Selanjutnya setting DURASI PELAJARAN, MATA PELAJARAN, LOKASI/RUANGAN, GURU PENGAJAR dan ADA ASISTEN/CADANGAN. Setelah penyettingan selesai, jangan lupa klik SIMPAN, agar settingan anda tidak hilang begitu saja.


Nah, dengan sendirinya mata pelajaran yang anda masukkan tadi akan tampil di masing-masing kotak segi empat yang anda pilih. Untuk melanjutkan mengisi jadwal kelas-kelas lainnya, silakan anda ulangi memilih kelas seperti cara yang terdapat pada gambar nomor dua.


Demikian saja tutorial cara mudah mengisi roster kelas ke dalam Aplikasi SIMPATIKA 2018-2019. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Cara Mudah Mengisi Roster Kelas ke Dalam Aplikasi SIMPATIKA 2018-2019"