Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Dalam Pengisian EMIS, Lengkap Dengan Jawabannya

Setiap aplikasi punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tidak terkecuali EMIS. Aplikasi yang merupakan basis data madrasah ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang sangat sulit diprediksi. Sehingga dalam pelaksanaannya, para Operator Data Madrasah seringkali kewalahan yang berujung pada munculnya berbagai macam pertanyaan menyangkut sistem kerja dan cara pengisian aplikasi yang benar dan tepat.

Nah! Berikut ini ada 15 daftar pertanyaan disertai jawaban yang seringkali dilontarkan para Operator seputar sepak terjang Aplikasi EMIS :


1. Dari tanggal 01 s/d 28 Februari 2019, apa yang harus dilakukan madrasah?


Jawab : Memasukkan siswa/siswi baru, baik dari umum maupun dari madrasah, serta melakukan mutasi masuk dan mutasi keluar bagi yang memiliki siswa mutasi.


2. Apakah boleh memasukkan data siswa baru dari madrasah menggunakan input manual atau template?


Jawab : Tidak boleh. Karena siswa tersebut sudah berada di database EMIS. Jika hal tersebut dilakukan, tetap tidak akan bisa, karena data akan terbaca sudah ada.


3. Bagaimana cara memasukkan siswa kelas 2, 3, 4, 5, 8 dan 11 yang berasal dari madrasah yang sebelumnya belum sempat masuk?


Jawab : Cari siswa tersebut dengan menu pencarian dan lihat siswa tersebut datanya ada di madrasah mana, apakah ada di madrasah asal atau tidak? Jika data tersebut masih berada di madrasah asal, maka koordinasikan dengan madrasah sebelumnya untuk meluluskan atau mengaktifkan kembali, dan mintakan untuk melakukan pencarian pada setiap menu kesiswaan. Jika masih ada kendala, hubungi admin kabupaten untuk membantu, jangan sampai menambahkan dengan menu siswa baru yang dikhususkan untuk sekolah umum, karena akan sia-sia saja, walaupun masuk datanya tetap akan dicleansing dan akan terhapus.


4. Kenapa siswa baru yang ditarik dari madrasah bisa doble?


Jawab : Karena ketika kita mendaftarkannya, secara tidak sengaja kita mengklik 2 kali yang akhirnya membuat data siswa tersebut masuk doble.


5. Bagaimana cara menghapus siswa doble hasil dari tambah siswa dengan NSM?


Jawab : Mutasikan siswa tersebut ke sekolah. Untuk kolom NPSN dan sekolah tujuan, isi saja “-“ lalu mutasikan. Setelah itu tarik kembali siswa tersebut, jangan sampai terklik 2 kali, agar tidak masuk ganda lagi.


6. Kenapa ketika kita tarik data siswa baru dari madrasah, datanya di menu Siswa Aktif menjadi kosong dan tanggal lahirnya salah?


Jawab : Cek data tersebut di detail siswa dan pastikan datanya benar. Untuk tampilan datanya di menu Siswa Aktif, biarkan saja, nanti akan berubah dengan sendirinya sesuai dengan data yang ada.


7. Kenapa siswa baru PPDB yang menggunakan template tidak masuk ke Siswa Aktif?


Jawab : Karena perlu persetujuan admin kabupaten/kota terlebih dahulu. Untuk sementara menunya belum diaktifkan. Tunggu saja dan pastikan saja siswa tersebut berhasil di-upload.


8. Dalam mengupload siswa PPDB, bolehkah menguploadnya seluruh rombel dengan menggunakan satu template?


Jawab : Tidak boleh. Karena aturan yang sudah dibuat, uploadnya harus per rombel.


9. Kenapa saat mengupload siswa PPDB dengan template, datanya ada yang tidak masuk dan ada notifikasi warna merah?


Jawab : Pastikan data yang diisi sesuai permintaan. Setiap kolom harus diisi dengan benar dan jangan lupa format template-nya harus berekstensi CSV yang bisa dilakukan baik dengan cara SAVE AS manual atau dengan convert online.


10. Kenapa saat input data siswa baru melalui input manual, ada notifikasi data sudah ada?


Jawab : Ada kemungkinan siswa tersebut berasal dari madrasah yang datanya sudah ada di database EMIS. Makanya, lakukan pencarian umum untuk melihat siswa tersebut ada atau tidak di database EMIS. Atau ada kemungkinan saat simpan data, datanya sudah masuk, tapi tidak ada notifikasi sukses. Oleh karena itu, lakukan pencarian juga dan lihat posisi anak tersebut berada dimana. Jika tidak ada, silakan di-input. Dan jika tetap dapat notifikasi seperti di atas, laporkan ke admin kabupaten agar dapat disampaikan ke tingkat di atasnya untuk diperbaiki dan diberikan jalan keluar.


11. Bagaimana melakukan mutasi jika tahapannya harus di-aprove admin kabupaten?


Jawab : Lakukan saja mutasi. Lalu laporkan ke admin kabupaten dengan membawa bukti dokumen untuk aprove. Jika menunya sudah diaktifkan.


12. Bagaimana mengedit nama, tempat dan tanggal lahir yang salah?


Jawab : Laporkan ke admin kabupaten untuk diedit, kalau menunya sudah diaktifkan. Jika belum, tunggu saja sampai menu tersebut diaktifkan. Namun tetap koordinasikan dengan admin kabupaten/kota agar dapat ditindaklanjuti nantinya.


13. Kenapa proses simpan data setelah melakukan edit data profil membutuhkan waktu yang sangat lama?


Jawab : Lakukan di waktu-waktu yang dianggap trafik penggunaannya kecil, agar data bisa tersimpan dalam proses yang lancar. Jika masih tetap lama, tunggu saja, karena itu ujian bagi kita sebagai admin madrasah. Hehehe...


14. Bagaimana jika siswa berada dalam daftar siswa non aktif, padahal siswa tersebut masih aktif?


Jawab : Klik Kembalikan, maka data akan masuk pada siswa aktif.


15. Bagaimana jika siswa tidak ada dalam daftar siswa aktif, tapi ada di pencarian dan posisinya berada di madrasah kita?


Jawab : Cari di menu Kesiswaan, kemungkinan siswa tersebut berada di menu siswa non aktif. Atau lakukan pencarian dengan merubah URL di angka terakhir, misalnya 30 diganti menjadi 40.


Demikian 15 pertanyaan yang sering dilontarkan Operator Madrasah saat menjelajahi Aplikasi EMIS madrasah. Masing-masing jawaban sudah tersedia di posisinya masing-masing. Jika masih ragu-ragu karena permasalahannya tidak juga terselesaikan, gunakan saja ide atau cara sesuai keahlian masing-masing atau konsultasikan dengan kawan-kawan sesama Operator. Semoga kita semua bisa menemukan jalan keluar dari setiap permasalahan yang ada.

Post a Comment for "15 Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Dalam Pengisian EMIS, Lengkap Dengan Jawabannya"