Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Petunjuk Pengisian Template atau List Guru Hasil Unduhan ARD Madrasah

Mengisi template atau list Guru bagi Operator adalah suatu pekerjaan yang sudah menjadi rutinitas. Biasanya, semua template yang merupakan hasil unduhan dari aplikasi mempunyai bentuk dan kemiripan yang sama dalam hal permintaan data. Misalkan saja Nama, Tempat dan Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Agama dan lain sebagainya. Point tersebut merupakan data pokok yang selalu tersedia dalam setiap tampilan template. Demikian juga dengan template guru yang baru-baru ini tampil dari hasil unduhan aplikasi ARD Madrasah Offline, tetap berbentuk sama dengan data permintaan yang sama pula. Hanya ada beberapa data tambahan yang membuatnya terlihat beda dari sekian banyak template hasil unduhan sebelumnya.

Namun yang menjadi permasalahannya disini adalah bagaimana teknis pengisian template tersebut apabila data yang diminta tidak sesuai atau tidak dimiliki oleh guru yang bersangkutan. Misalnya pengisian NIP bagi guru Non PNS, NPWP dan NUPTK bagi guru yang belum memilikinya.

Nah! Untuk itulah artikel ini dibuat, dengan harapan dapat menjadi pedoman bagi rekan-rekan Operator yang membutuhkan. Berikut rincian ringkas tentang cara mengisi template atau list guru hasil unduhan dari aplikasi ARD Madrasah.

Kolom NAMA
Diisi sesuai dengan nama guru yang bersangkutan, lengkap dengan gelar.

Kolom NIP
  1. Untuk guru PNS, diisi sesuai dengan NIP-nya yang benar.
  2. Untuk guru Non PNS yang ber-NUPTK, diisi sesuai dengan nomor NUPTK-nya yang benar.
  3. Untuk guru Non PNS yang belum ber-NUPTK, diisi dengan nomor Peg.ID Simpatika.
  4. Untuk guru Non PNS yang belum ber-NUPTK dan belum ber-Peg.ID Simpatika, diisi dengan :
  • 2 digit kode provinsi.
  • 2 digit kode kabupaten.
  • 3 digit kode madrasah.
  • 2 digit kode tanggal lahir.
  • 2 digit kode bulan lahir.
  • 2 digit kode tahun lahir.
Kolom NPWP
Diisi dengan nomor NPWP guru yang bersangkutan, lengkap dan benar. Jika belum memiliki NPWP, isikan saja dengan angka 0.

Kolom NUPTK
Diisi dengan nomor NUPTK guru yang bersangkutan, lengkap dan benar. Jika belum memiliki NUPTK, maka kolom tersebut diisi dengan nomor Peg.ID Simpatika.

Kolom TEMPAT LAHIR
Diisi dengan nama tempat lahir, sebaiknya disesuaikan dengan nama tempat lahir sebagaimana yang tercantum di SK guru masing-masing.

Kolom TANGGAL LAHIR
Diisi dengan tanggal lahir guru yang bersangkutan. Format pengisiannya adalah DD/MM/YYYY.

Kolom JENIS KELAMIN
Diisi dengan singkatan. Jika guru Laki-laki diisi dengan huruf L, dan jika guru tersebut perempuan diisi dengan huruf P.

Kolom AGAMA
Diisi sesuai dengan kode pilihan berikut :
1 = Islam.
2 = Kristen Protestan.
3 = Katolik.
4 = Hindu.
5 = Budha.
6 = Kong Hu Cu.

Kolom ALAMAT dan KODE POS
Diisi sesuai dengan alamat tempat tinggal terbaru guru yang bersangkutan. Demikian pula dengan kode pos.

Kolom EMAIL
Diisi dengan alamat email guru bersangkutan yang masih aktif. Jika ada guru yang tidak ada atau belum mempunyai email, boleh diisi dengan alamat email sekolah.

Kolom TELEPON
Diisi dengan nomor HP guru bersangkutan, tentu saja nomornya harus yang masih aktif.

Demikian beberapa paparan dari artikel sederhana ini. Sebagai aplikasi baru, tentu saja akan ditemui banyak kendala dalam pengerjaannya. Meski demikian, Operator Madrasah pastinya telah terbiasa dengan aneka solusi. Selamat berjuang.

Post a Comment for "Petunjuk Pengisian Template atau List Guru Hasil Unduhan ARD Madrasah"