Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Koneksi ARD Madrasah dari Komputer Operator ke Komputer Guru

Setelah Operator ARD Madrasah sukses melaksanakan tugasnya mengisi data-data penting ke dalam aplikasi, tugas terakhirnya adalah menghubungkan ARD Madrasah dari Komputer atau Laptopnya agar terkoneksi dengan Komputer atau Laptop guru.

Namun sebelum aktifitas tersebut dilaksanakan, ada beberapa hal yang perlu diketahui, baik oleh Operator maupun oleh para Guru, diantaranya adalah :
  1. Aplikasi ARD Madrasah cukup diinstall di komputer Operator, sedangkan di komputer Guru tidak perlu diinstall.
  2. Untuk mengakses ARD Madrasah, Guru cukup dengan menggunakan Browser, seperti : Google Chrome, Mozilla Firefox, atau browser-browser lain sejenisnya.
  3. Data ARD Madrasah yang diisikan oleh Operator dan Guru dapat diakses oleh Operator dan semua Guru. Sedangkan data yang diisikan tersebut tersimpan di komputer Operator.
Berikut langkah-langkah untuk menghubungkan ARD Madrasah dari komputer Operator ke komputer Guru :
  1. Koneksikan semua komputer atau laptop ke wifi yang sama.
  2. Operator membuka aplikasi ARD Madrasah di komputer atau laptopnya.
  3. Operator mematikan firewall pada komputer atau laptopnya.
  4. Operator mencari IP Address komputer atau laptopnya, lalu memberitahukannya kepada Guru. Contoh IP Address komputer Operator adalah 192.168.4.165.
  5. Guru membuka Browser di komputer atau laptop masing-masing.
  6. Guru mengetik IP Address komputer Operator di Address Bar Browser masing-masing. Lalu tambahkan “:88” (tanpa tanda petik). Contoh, IP Address Operator adalah 192.168.4.165, ditulis menjadi 192.168.4.165:88.
  7. Tunggu hingga halaman awal ARD Madrasah terbuka.
  8. Pilih jenjang madrasah.
  9. Halaman login akan terbuka. Masukkan Username dan Password masing-masing Guru (username menggunakan isian pada kolom NIP dan Password menggunakan isian pada kolom Kata Sandi, yang telah diisikan oleh Operator pada saat mengisi data guru).
  10. Guru siap mengerjakan ARD Madrasah layaknya ketika sedang online.
Demikian penjelasan sementara tentang Cara Koneksi ARD Madrasah dari Komputer Operator ke Komputer Guru. Kita tunggu saja, siapa tahu kedepannya ada penemuan cara baru yang lebih mudah lagi untuk menghubungkan ARD dari Operator ke komputer Guru. Akhirnya kita berharap, semua Operator sukses melaksanakannya.

4 comments for "Cara Koneksi ARD Madrasah dari Komputer Operator ke Komputer Guru"

  1. Cara mengunakan ard ver 2 menggunakan server gimaan ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagai langkah awal, bapak/ibu harus menginstal dulu Oracle Virtual Box di komputer server. Kemudian silakan bapak/ibu instal aplikasi ARD yang sudah dikemas dalam bentuk VDI ke dalam Oracle Virtual Box tersebut. Atur settingannya, dan ARD siap digunakan.

      Delete
    2. maaf pk, saya coba ko eror trus y, blm bisa masuk ke tampilan log in ard. setingan sudah d sesuaikan petunjuk.tp gagal trus

      Delete
    3. Mungkin ada file yang corrupt saat VDI di-ekstrak Pak. Coba bapak hubungi HD terdekat.

      Delete