Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Siswa Hilang Saat Membatalkan Siswa di Capesun EMIS

Salah satu permasalahan yang kerap membuat para Operator Madrasah panik saat mengerjakan EMIS adalah hilangnya nama siswa dalam Daftar Siswa Kelas Akhir, sementara data siswa yang hilang tersebut tidak bisa lagi dimasukkan secara manual.

Berdasarkan pengalaman penulis, hilangnya nama-nama siswa tersebut terjadi setelah kita membatalkan siswa di CAPESUN. Namun jangan khawatir, masih ada trik untuk membuat data-data yang hilang itu kembali lagi ke “habitatnya.” Mari kita ikuti cara berikut ini :
  1. Batalkan seluruh siswa yang sudah masuk ke bilah DAFTAR SISWA CAPESUN dengan memilih tombol BATAL SELURUH DI CAPESUN, yang warnanya MERAH.
  2. Setelah itu silakan masuk ke menu KELEMBAGAAN.
  3. Pilih SISWA.
  4. Pilih DATA ROMBONGAN BELAJAR.
  5. Hapus rombel yang merupakan rombel tempat siswa bermasalah tadi. Ingat, hanya rombel tempat siswa yang bermasalah.
  6. Setelah terhapus, buat ulang rombel tersebut sebagaimana rombel yang telah dihapus tadi, dan SIMPAN.
  7. Kemudian kita kembali ke menu SISWA AKTIF. Sekarang cek nama-nama siswa yang hilang tadi dan periksa dengan teliti rombelnya. Jika rombelnya sudah ada (misalnya 12-01), maka kita langsung menuju ke menu CAPESUN. Namun jika siswa tersebut belum masuk ke rombel tujuan, silakan masukkan siswa itu ke dalam rombelnya dulu, setelah itu baru menuju ke menu CAPESUN.
  8. Setelah berada di menu CAPESUN, jangan lupa untuk mengecek kembali info detail dari siswa-siswa yang tadinya hilang itu sebelum dipindahkan ke DAFTAR SISWA CAPESUN di bilah kanan.
Nah, nama-nama siswa yang sudah menghilang tadi sudah kembali lagi, bukan? Demikian saja, mohon maaf atas segala kekurangan dan sampai jumpa pada trik berikutnya.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Siswa Hilang Saat Membatalkan Siswa di Capesun EMIS"