Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Upload Siswa ke SIMPATIKA 2018-2019 Menggunakan Sistem Kolektif

Sebenarnya, melakukan upload siswa ke akun SIMPATIKA merupakan pekerjaan yang sangat gampang. Hanya saja pekerjaan ini merupakan tugas siklus tahunan, artinya hanya dilakukan setiap setahun sekali, sehingga membuat Kepala Madrasah atau Operator yang diberi kewenangan untuk melaksanakannya menjadi lupa tentang tata cara penambahannya.

Artikel ini tidak bermaksud untuk mengajari Kepala Madrasah atau rekan-rekan Operator. Akan tetapi, tulisan singkat ini lebih pantas disebut sebagai upaya untuk mengingatkan kembali rekan-rekan tentang sesuatu yang pernah terlupakan.

Baiklah! Sebagai langkah pertama, Kepala Madrasah atau Operator yang akan mengupload data siswa ke SIMPATIKA sudah tentu harus masuk dulu ke akun SIMPATIKAnya masing-masing.

Nah! Seperti biasa, ketika anda sudah masuk ke beranda akun, anda akan dihadapkan pada 2 pilihan : MADRASAH dan PTK.

Silakan anda pilih MADRASAH.


Kemudian pilih menu SISWA & ALUMNI. Lalu pilih SISWA yang terletak di sebelah kiri halaman akun. Dan untuk selanjutnya, klik DAFTAR SISWA. Untuk lebih jelasnya, perhatikan urutan yang terdapat pada gambar di bawah ini.


Nah! Setelah itu, klik UNDUH DATA SISWA, yakni lambang tanda panah yang arahnya menunjuk ke bawah.


Dan otomatis sistem akan mengunduh DATA SISWA tahun pelajaran sebelumnya yang sudah ada di SIMPATIKA ke dalam format excel.

CATATAN : Ada data yang tidak boleh dirubah dalam form tersebut, yaitu data yang tersedia di kolom B, yakni KODE SISTEM. Dan ada juga data yang wajib dirubah, yaitu data yang tersedia di kolom J, yakni TINGKAT. Anda bisa lihat di kolom yang sudah dilingkari garis merah pada gambar di bawah ini :


Oke, kita lanjut! Setelah data di form excel tersebut selesai anda edit, anda langsung dapat menguploadnya ke dalam akun SIMPATIKA anda. Caranya : Klik UPLOAD DATA SISWA, yakni lambang tanda panah yang arahnya menunjuk ke atas.


Dan setelah itu, sistem akan menampilkan form UNGGAH DATA SISWA. Di form tersebut anda tinggal klik UPLOAD BARU yang terdapat di sudut kanan bawah form tersebut.


Kemudian sistem akan kembali menampilkan form UNGGAH DATA SISWA kedua. Di form ini, silakan anda klik PILIH FILE. Dan secara otomatis anda akan dibawa ke tempat penyimpanan data anda di WINDOWS EXPLORER. Pilih file excel data siswa yang telah anda edit tadi. Dan klik UNGGAH.


Nah! Jika setelah pengunggahan tersebut anda mendapati kalimat TIDAK ADA KESALAHAN DALAM DATA, berarti data anda sudah benar. Anda tinggal menekan SIMPAN.


Dan selamat! DATA SISWA ANDA BERHASIL DIKIRIM DALAM ANTRIAN. Anda hanya tinggal menunggu proses pengiriman tersebut paling lama 1 x 24 jam. Klik OKE untuk menutup form pemberitahuan tersebut.


Untuk memastikan data siswa anda sudah masuk atau belum, anda bisa kembali memilih menu SEKOLAH, sub menu KELAS yang terletak di samping halaman akun anda, dan pilih DAFTAR SISWA. Lihat gambar berikut :


Setelah itu klik PILIH KELAS. Otomatis anda akan disuguhkan sebuah form PILIH KELAS. Silakan anda memilih TINGKAT dan KELAS sesuai dengan yang anda kehendaki.

Selanjutnya anda akan berhadapan dengan halaman seperti yang tampak pada gambar di bawah ini. Anda dapat memilih TANDA SEGITIGA jika ingin memilih atau mengganti pilihan kelas. Dan kemudian pilih SISWA BARU, yang berupa lambang + (tambah) di halaman akun sebelah kanan. Lihat gambar :


Nah! Jika nama-nama siswa telah muncul di kotak sebelah kiri, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, berarti siswa anda sudah terdaftar ke Akun SIMPATIKA. Tinggal anda mencentangnya satu persatu, dan tambahkan ke kelas yang anda inginkan dengan mengklik TANDA PANAH yang terletak di tengah-tengah kotak tersebut. Secara otomatis nama-nama yang telah anda centang tadi langsung akan berpindah tempat ke kotak sebelah kanan. Dan tugas anda yang terakhir adalah klik tombol TAMBAHKAN. Dengan sendirinya, siswa-siswa tersebut akan langsung terisi ke kelas yang anda tuju.


Demikian saja tutorial Cara Mudah Upload Siswa ke SIMPATIKA 2018-2019 Menggunakan Sistem Kolektif. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba!

(Baca Juga : Cara Upload Siswa Secara Manual ke Dalam Aplikasi SIMPATIKA)

Post a Comment for "Cara Mudah Upload Siswa ke SIMPATIKA 2018-2019 Menggunakan Sistem Kolektif"