Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Upload Siswa Secara Manual ke Dalam Aplikasi SIMPATIKA

Ada 2 cara yang biasa digunakan untuk mengupload  nama siswa ke dalam Aplikasi SIMPATIKA. Pertama, dengan mengupload satu persatu atau upload manual istilahnya. Dan kedua, dengan mengupload secara menyeluruh sekaligus, yakni dengan menggunakan file excel yang telah tersedia di dalam aplikasi tersebut.

(Baca : Cara Mudah Upload Siswa ke SIMPATIKA 2018-2019 Menggunakan Sistem Kolektif)

Dan kali ini, kita akan mencoba memberikan solusi tentang cara upload nama siswa secara manual, yakni dengan cara menguploadnya satu persatu. Mari kita ikuti tutorial berikut ini :

Yang pertama anda lakukan, tentu saja harus masuk dulu ke halaman akun SIMPATIKA Kepala Madrasah. Karena yang berwenang melakukan upload siswa ke dalam Aplikasi SIMPATIKA adalah Kepala Madrasah itu sendiri. Atau boleh juga masuk ke Akun SIMPATIKA Operator Madrasah, jika memang Operator Madrasah telah diberi kewenangan oleh Kepala Madrasah untuk membantu melaksanakan tugas-tugasnya dalam mengelola aplikasi tersebut.

Nah! Setelah anda masuk ke dalam halaman akun, silakan anda memilih icon MADRASAH.


Setelah itu, pilih SISWA & ALUMNI. Lalu pilih SISWA. Dan untuk selanjutnya pilih DAFTAR SISWA.


Untuk mengupload nama siswa secara manual atau satu persatu, anda bisa memilih simbul + (tambah) yang tersedia di samping kanan akun anda. Lihat gambar dibawah ini :


Setelah itu, akan muncul form pengisian DATA SISWA BARU. Di form tersebut anda harus mengisi NAMA LENGKAP SISWA, JENIS KELAMIN, TEMPAT LAHIR, TANGGAL LAHIR, TAHUN MASUK, TINGKAT, NISN dan NOMOR INDUK yang berlaku di internal sekolah, atau yang biasa disebut dengan NIS.

Setelah semua kotak jawaban di form tersebut terisi, anda diharuskan melakukan CENTANG di kotak kecil segi empat seperti yang terlihat pada ujung tanda panah gambar di bawah. Kemudian SIMPAN. Dan otomatis siswa yang anda masukkan di form tersebut akan masuk ke rombel yang anda pilih tadi.


Untuk melihat siswa tersebut masuk atau tidak, anda bisa mengklik menu SEKOLAH. Lalu pilih sub menu KELAS. Dan kemudian dilanjutkan dengan mengklik DAFTAR KELAS.


Setelah itu, klik di nama kelas tempat anda menempatkan siswa tadi.


Dan lihat, otomatis siswa yang telah anda masukkan di form pengisian DATA SISWA BARU tadi sudah berada di rombelnya.

Demikian tutorial singkat ini. Sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

3 comments for "Cara Upload Siswa Secara Manual ke Dalam Aplikasi SIMPATIKA"

  1. Slots and Table Games at JTM Hub - JamBase
    › gaming › 공주 출장안마 games › gaming › games › gaming › games 6 days ago 포항 출장마사지사천 출장안마 6 days ago 김천 출장마사지 The full list of slots, video poker, bingo, scratch cards, table games, 파주 출장마사지 and live dealer games at JamBase!

    ReplyDelete