Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Download dan Install Aplikasi SIBOSPINTAR

SIBOSPINTAR merupakan aplikasi terbaru keluaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah (KSKK Madrasah). Aplikasi berkategori Desktop Online ini dirancang khusus sebagai aplikasi yang berbasis informasi pendataan BOS dan PIP. Tujuannya adalah untuk melakukan validasi data terhadap siswa penerima BOS dan PIP.

Lahirnya SIBOSPINTAR dalam dunia pendidikan Madrasah, setidaknya telah menghadirkan satu tantangan baru lagi dalam kehidupan para Operator. Betapa tidak, ditengah pahit getirnya kehidupan mereka yang dililit oleh seribu macam permasalahan aplikasi yang tidak kunjung usai, tiba-tiba si “bayi” yang disebut-sebut sebagai SIBOSPINTAR ini kembali terlahir dalam wujud aplikasi yang berbeda. Tentu saja, kelahiran aplikasi baru ini telah menjadi semacam PR tersendiri bagi para Operator. Setidaknya, para “Kuli Data” itu telah dibuat penasaran tentang bagaimana sepak terjang aplikasi baru yang kedengarannya lebih pintar tersebut.

Adapun permasalahan pertama yang dihadapi para Operator Madrasah adalah bagaimana cara menginstall SIBOSPINTAR?

Nah, karena SIBOSPINTAR merupakan sebuah aplikasi Desktop Online, tentu saja aplikasi ini harus didownload terlebih dahulu untuk kemudian diinstallkan ke perangkat Laptop atau Komputer. Untuk mendownloadnya, anda dapat mengunjungi situs resmi Kementerian Agama (Kemenag) di alamat : https://madrasah.kemenag.go.id/sibospintar/ dan pilih menu DOWNLOAD APLIKASI.

Setelah selesai mendownload, anda harus menginstallnya ke Laptop atau Komputer. Berikut langkah-langkahnya :
  1. Klik 2 kali pada folder hasil download yang masih dalam format WinRar. Nama foldernya : “Sibos Pintar 13 September 2018.”
  2. Ekstrak file tersebut dengan menggunakan aplikasi ekstrak WinRar.
  3. Setelah berhasil diekstrak, buka folder hasil ekstrak. Akan muncul 2 file dari hasil ekstrak tersebut. Klik 2 kali pada file "Setup" atau "SetupSIBOSPINTAR."
  4. Jendela instalasi SetupSIBOSPINTAR akan muncul. Klik NEXT.
  5. Kemudian muncul "Select Installation Folder." Jika ingin melakukan perubahan lokasi pemasangan, silakan cari lokasi yang anda inginkan dengan mengklik BROWSE. Namun jika tidak, biarkan saja apa adanya. Kemudian klik NEXT.
  6. Selanjutnya muncul "Confirm Installation." Klik NEXT. (Proses instalasi sedang berlangsung. Tunggu sampai selesai).
  7. Jendela "Installation Complete" muncul, menandakan pemasangan aplikasi telah berhasil.
  8. Klik CLOSE. (Sampai disini, aplikasi SIBOSPINTAR anda telah siap untuk digunakan).
Demikian penjelasan singkat tentang Cara Download dan Install Aplikasi SIBOSPINTAR Revisi tanggal 13 September 2018. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi pedoman berharga bagi rekan-rekan Operator di seluruh Indonesia.

Post a Comment for "Cara Download dan Install Aplikasi SIBOSPINTAR"