Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Cara Memunculkan Profil Madrasah dan Log Out Pada ARD Versi 2.0

Tahun 2019 ini, khususnya untuk semester genap, Kementerian Agama kembali meluncurkan aplikasi raport terbaru dalam bentuk VDI. Menurut informasi, Aplikasi Raport Madrasah (ARD) dalam bentuk VDI ini sangat mudah digunakan, berbeda dengan aplikasi ARD yang pernah diluncurkan pada semester ganjil beberapa waktu yang lalu.

Dalam mengoperasikan aplikasi ini, Operator Madrasah atau Proktor diprediksi tidak akan menemui banyak kesulitan, hal ini dikarenakan Operator atau Proktor sudah memiliki banyak pengalaman dalam hal pengoperasian aplikasi berbasis VDI. Informasi yang beredar mengatakan bahwa VDI aplikasi ARD Versi 2.0 ini sangat mirip dengan VDI yang digunakan saat berlangsungnya ujian UAMBN-BK kemarin.

Namun dalam proses penginstalannya, beberapa operator aplikasi ini masih menemui sejumlah kesulitan, diantaranya terkait dengan tidak munculnya fitur Profil Madrasah dan Log Out, yang biasanya ada di sebelah kanan bagian atas tampilan raport.

Pada aplikasi ARD Versi 1.0, fitur tersebut muncul secara otomatis. Namun pada ARD Versi 2.0 kali ini, ada yang muncul otomatis dan ada pula yang tidak muncul. Nah! Bagaimana cara mengatasinya?

Yang pertama dilakukan tentu saja harus sukses menginstall VDI dan Virtual Box-nya terlebih dahulu. Setelah itu, anda harus sudah memiliki Username dan Password untuk masuk, karena tanpa Username dan Password sama seperti punya rumah namun tak memiliki kunci, tentu saja tidak bisa masuk.

Setelah itu, silakan ikuti langkah-langkah berikut :
1. Buka website ARD dengan link : http://192.168.0.101.
2. Klik bagian jenjang madrasah untuk Log In.
3. Log In menggunakan Username dan Password yang sudah anda miliki.
4. Cek tampilan fitur Profil Madrasah dan Log Out di sebelah kanan atas.


5. Klik Sinkron Data pada menu bar sebelah kiri.
6. Klik Update Aplikasi.


7. Tunggu sampai keluar notifikasi seperti di bawah ini.


8. Klik OK.
9. Cek tampilan bar sebelah kanan atas, akan muncul “No Image Available.”


10. Selanjutnya klik “No Image Available” tersebut dan lanjut dengan klik “Profil” untuk melengkapi Logo dan Identitas Madrasah. Jika nanti Logo dan Identitas Madrasah sudah berhasil tersimpan, maka tampilannya akan berubah menjadi seperti berikut.


Demikian tutorial perdana menjelang diluncurkannya aplikasi ARD Versi 2.0 berbentuk VDI. Tentu saja tulisan ini masih jauh dari kata sempurna, mengingat kemungkinan aplikasi ini juga akan mengalami banyak perubahan dari waktu ke waktu. Tugas kita untuk mengikuti dan menyempurnakan sesuai instruksi dari pengelola. Demikian saja, sampai jumpa di tutorial berikutnya.

Post a Comment for "Begini Cara Memunculkan Profil Madrasah dan Log Out Pada ARD Versi 2.0"